ANALISIS
PENYUSUNAN BAHAN AJAR
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS / SEMESTER : VI/I
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
BAHAN
AJAR
|
1
|
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan
tempat hidupnya
|
1.1Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri
khusus yang dimiliki hewan (Kelelawar, Bebek, Cicak) dan lingkungan hidupnya
|
§ Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
tertentu
§ Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki
hewan tertentu
§ Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang
dimiliki hewan tertentu dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya
|
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.
|
·
Menceritakan
pengalaman menarik tentang ciri khusus hewan yang pernah dilihat dalam
kehidupan sehari-hari
·
Melakukan
pengamatan terhadap hewan tertentu (Kelelawar, Bebek, Cicak)
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri khusus hewan yang diamati
·
Mendiskusikan
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
Menyimpulkan hasil diskusi fungsi dari ciri khusus hewan tertentu serta
hubungan dengan lingkungan hidupny
|
§ Buku-buku Sains yang tersedia di Perpustakaan
sekolah.
Gambar-gambar hewan.
|
CIRI-CIRI KHUSUS HEWAN
1.
Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup
dengan lingkungan tempat hidupnya
2.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (Kelelawar, Bebek, Cicak) dan lingkungan
hidupnya
3.
Uraian Materi
Ciri Khusus
Makhluk Hidup
Setiap hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan
lain. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan
hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan dapat tetap bertahan
hidup.
1.
Cecak
Cecak sering kita lihat di dinding dan langit-langit rumah. Cecak
sangat
jarang berada di lantai. Cecak bergerak dengan cara merayap. Saat
merayap
di dinding, cecak tidak terjatuh. Mengapa demikian? Coba bandingkan
dengan
hewan lainnya. Dapatkah ayam atau itik merayap di dinding? Tentu
tidak,
bukan?
Ternyata, cecak memiliki perekat pada setiap ujung
jari kakinya. Dengan perekat inilah kaki cecak dapat
menempel di dinding. Bagaimana bila kakinya tidak bisa
diangkat dari dinding karena perekat tersebut? Hal ini
tidak akan terjadi. Cecak dapat mengatur banyaknya
perekat yang dikeluarkan. Dengan demikian, cecak dapat
tetap bergerak merayap tanpa terjatuh. Cecak dapat
mendaki pohon, dinding, atau atap bangunan dengan
mudah.
Selain itu, cecak mempunyai kemampuan autotomi.
Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak
melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan
begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cecak yang putus
dapat tumbuh kembali.
2.
Bebek
Bebek termasuk salah satu jenis unggas. Ia hidup
serta mencari makan di daratan dan perairan. Bebek
menggunakan kakinya untuk berjalan. Coba bandingkan
kaki bebek dengan kaki ayam. Tentu berbeda, bukan?
Pada kaki bebek, setiap jarinya dihubungkan dengan
selaput. Dengan kaki berselaput, bebek dapat berenang.
Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa.
Sementara, ayam tidak memiliki jari berselaput. Ayam
hidup dan mencari makan di darat saja.
3.
Kelelawar
Kelelawar keluar dan mencari makan pada malam
hari. Sebaliknya, pada siang hari, kelelawar hanya
berdiam di sarangnya. Oleh karena itu, kelelawar dijuluki
hewan malam. Bagaimana kelelawar bisa menemukan
makanan di kegelapan malam? Apakah kelelawar tidak
tersesat atau menabrak benda-benda yang dilaluinya?
Bukankah malam hari gelap gulita?
Dalam keadaan gelap, kelelawar tidak pernah
menabrak benda yang dilaluinya. Kelelawar juga tidak
kesulitan menemukan makanan. Hal ini dikarenakan
kelelawar memiliki keistimewaan. Kelelawar memiliki
indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan
penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan
makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan
menghindari tabrakan.
LEMBAR KERJA SISWA
No. 01/IPA-VI/VII/2012
Hari Tanggal : ……………………………….
Kelompok :
……………………………….
Anggota :
………………………………
:
………………………………
:
………………………………
:
………………………………
:
………………………………
Petunjuk
1.
Perhatikan baik-baik gambar hewan
berikut. Tuliskan nama hewan tersebut.
Ceritakan keunikan yang dimiliki setiap hewan. Tuliskan hasil
pengamatan kalian
seperti contoh pada tabel.
2.
Tulislah Kelompok dan anggota
kelompokmu
3.
Jika ada yang kurang jelas tanyakan
pada guru
No
|
Nama Hewan
|
Ciri
Khusus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soal- Soal Latihan
1.
Sebutkan 3 Ciri Khusus yang di
miliki oleh cicak !
a.
b.
c.
2.
Sebutkan 3 ciri khusus yang
dimilki oleh bebek !
a.
b.
c.
3.
Sebutkan 3 ciri khusus yang
dimilki oleh kelelawar !
a.
b.
c.
TUGAS TERSTRUKTUR
1. Amatilah hewan yang ada di sekitar lingkungan
sekolahmu.
2. Sebutkan ciri-ciri khusus dan fungsi yang dimiliki
hewan
tersebut.
3. Alat tubuh apa saja yang dimiliki hewan tersebut
untuk memperoleh
makanan?
4. Alat tubuh apa saja yang dimiliki hewan tersebut
untuk
melumpuhkan
mangsanya?
Kerjakan di buku
latihanmu!
IV.
Kegiatan Pembelajaran
A.
Model
Pembelajaran : Picture to Picture
B.
Metode
: Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab
C.
Langkah-langkah
Pembelajaran
·
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
Memberikan
pertanyaan/ pretest kepada siswa tentang
hewan yang akan diteliti.
b. Memotivasi
Mengkondisikan
konsentrasi, serta menjajaki kesiapan belajar siswa dengan mengamati Gambar hewan
yang disajikan
·
Kegiatan
Inti
a.
Guru
mengajak peserta didik untuk mengamati gambar
b.
Peserta
didik Menuliskan cirri khusus hewan yang dipereoleh dari gambar.
c.
Peserta
didik secara maksimal mencari dan menemukan jenis-jenis cirri khusus hewan yang
disajikan
d.
Aktivitas
yang dilakukan peserta didik diarahkan untuk mencari dan menemukan jawabannya
sendiri
e.
Peserta
didik mempunyai kemampuan berfikir sistematis, logis, dan kritis untuk dapat
menjelaskan dan memehamai cirri khusus hewan beserta fungsinya
Ø Kegiatan
Penutup
Refleksi
·
Guru
dan peserta didik menbuat konklusi (
kesimpulan ) tentang cirri khusus hewan dan
fungsinya
·
Peserta
didik mencatat kesimpulan cirri khusus hewan dari gambar.
·
Guru
memberi penguatan kepada peserta didik.
·
Menanamkan
nilai nilai kerjasama, dan rasa ingin tahu kepada peserta didik.
Mengetahui Bekasi Juli 2012
Kepala SDN Pekayon Jaya III Guru Kelas
Hj.
Entin Rusmiati, S.Pd Agus
Herlana
NIP
19571225 197703 2 005 NIP
.
197108172006041038
Posting Komentar