Pages - Menu

Jumat, 02 November 2012

BAHAN AJAR


ANALISIS PENYUSUNAN BAHAN AJAR

MATA PELAJARAN          : IPA
KELAS / SEMESTER         : VI/I
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
BAHAN AJAR
1
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
1.1Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (Kelelawar, Bebek, Cicak) dan lingkungan hidupnya

§ Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
§ Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
§ Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan lingkungan hidupnya sesuai dengan fungsinya

Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.

·   Menceritakan pengalaman menarik tentang ciri khusus hewan yang pernah dilihat dalam kehidupan sehari-hari
·   Melakukan pengamatan terhadap hewan tertentu (Kelelawar, Bebek, Cicak)
·   Mengidentifikasi ciri-ciri khusus hewan yang diamati
·   Mendiskusikan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
Menyimpulkan hasil diskusi fungsi dari ciri khusus hewan tertentu serta hubungan dengan lingkungan hidupny
§ Buku-buku Sains yang tersedia di Perpustakaan sekolah.
Gambar-gambar hewan.

CIRI-CIRI KHUSUS HEWAN

1.      Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
2.      Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (Kelelawar, Bebek, Cicak) dan lingkungan hidupnya

3.        Uraian Materi

Ciri Khusus
Makhluk Hidup


Setiap hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan
lain. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan
hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan dapat tetap bertahan
hidup.

1. Cecak
Cecak sering kita lihat di dinding dan langit-langit rumah. Cecak sangat
jarang berada di lantai. Cecak bergerak dengan cara merayap. Saat merayap
di dinding, cecak tidak terjatuh. Mengapa demikian? Coba bandingkan dengan
hewan lainnya. Dapatkah ayam atau itik merayap di dinding? Tentu tidak,
bukan?

Ternyata, cecak memiliki perekat pada setiap ujung
jari kakinya. Dengan perekat inilah kaki cecak dapat
menempel di dinding. Bagaimana bila kakinya tidak bisa
diangkat dari dinding karena perekat tersebut? Hal ini
tidak akan terjadi. Cecak dapat mengatur banyaknya
perekat yang dikeluarkan. Dengan demikian, cecak dapat
tetap bergerak merayap tanpa terjatuh. Cecak dapat
mendaki pohon, dinding, atau atap bangunan dengan
mudah.
Selain itu, cecak mempunyai kemampuan autotomi.
Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cecak
melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Dengan
begitu, cecak dapat melarikan diri. Ekor cecak yang putus
dapat tumbuh kembali.

2. Bebek
Bebek termasuk salah satu jenis unggas. Ia hidup
serta mencari makan di daratan dan perairan. Bebek
menggunakan kakinya untuk berjalan. Coba bandingkan
kaki bebek dengan kaki ayam. Tentu berbeda, bukan?
Pada kaki bebek, setiap jarinya dihubungkan dengan
selaput. Dengan kaki berselaput, bebek dapat berenang.
Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa.
Sementara, ayam tidak memiliki jari berselaput. Ayam
hidup dan mencari makan di darat saja.

3. Kelelawar
Kelelawar keluar dan mencari makan pada malam
hari. Sebaliknya, pada siang hari, kelelawar hanya
berdiam di sarangnya. Oleh karena itu, kelelawar dijuluki
hewan malam. Bagaimana kelelawar bisa menemukan
makanan di kegelapan malam? Apakah kelelawar tidak
tersesat atau menabrak benda-benda yang dilaluinya?
Bukankah malam hari gelap gulita?
Dalam keadaan gelap, kelelawar tidak pernah
menabrak benda yang dilaluinya. Kelelawar juga tidak
kesulitan menemukan makanan. Hal ini dikarenakan
kelelawar memiliki keistimewaan. Kelelawar memiliki
indra pembau dan pendengar yang tajam. Dengan
penggabungan keduanya, kelelawar dapat menemukan
makanan. Kelelawar dapat menentukan arah terbang dan
menghindari tabrakan.























LEMBAR KERJA SISWA
No. 01/IPA-VI/VII/2012
Hari Tanggal               : ……………………………….
Kelompok                   : ……………………………….
Anggota                      : ………………………………
                                    : ………………………………
                                    : ………………………………
                                    : ………………………………
                                    : ………………………………





Petunjuk
1.    Perhatikan baik-baik gambar hewan berikut. Tuliskan nama hewan tersebut.
Ceritakan keunikan yang dimiliki setiap hewan. Tuliskan hasil pengamatan kalian
seperti contoh pada tabel.
2.      Tulislah Kelompok dan anggota kelompokmu
3.      Jika ada yang kurang jelas tanyakan pada guru


                                                                                                            










No
Nama Hewan
Ciri Khusus




















Soal- Soal Latihan

1.      Sebutkan 3 Ciri Khusus yang di miliki oleh cicak !
 a.
            b.
            c.

2.      Sebutkan 3 ciri khusus yang dimilki oleh bebek !
a.
b.
c.
3.      Sebutkan 3 ciri khusus yang dimilki oleh kelelawar !
a.
b.
c.


TUGAS TERSTRUKTUR


1. Amatilah hewan yang ada di sekitar lingkungan sekolahmu.
2. Sebutkan ciri-ciri khusus dan fungsi yang dimiliki hewan
    tersebut.
3. Alat tubuh apa saja yang dimiliki hewan tersebut untuk memperoleh
    makanan?
4. Alat tubuh apa saja yang dimiliki hewan tersebut untuk
    melumpuhkan mangsanya?
    Kerjakan di buku latihanmu!



































IV.          Kegiatan Pembelajaran
A.   Model Pembelajaran : Picture to Picture
B.   Metode : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab
C.   Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Memberikan pertanyaan/  pretest kepada siswa tentang hewan yang akan diteliti.
b.         Memotivasi
Mengkondisikan konsentrasi, serta menjajaki kesiapan belajar siswa dengan mengamati Gambar hewan yang disajikan
·         Kegiatan Inti
a.    Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar
b.    Peserta didik Menuliskan cirri khusus hewan yang dipereoleh dari gambar.
c.    Peserta didik secara maksimal mencari dan menemukan jenis-jenis cirri khusus hewan yang disajikan
d.    Aktivitas yang dilakukan peserta didik diarahkan untuk mencari dan menemukan jawabannya sendiri
e.    Peserta didik mempunyai kemampuan berfikir sistematis, logis, dan kritis untuk dapat menjelaskan dan memehamai cirri khusus hewan beserta fungsinya

Ø  Kegiatan Penutup
Refleksi
·         Guru dan peserta didik menbuat  konklusi ( kesimpulan ) tentang cirri khusus hewan dan fungsinya
·         Peserta didik mencatat kesimpulan cirri khusus hewan dari gambar.
·         Guru memberi penguatan kepada peserta didik.
·         Menanamkan nilai nilai kerjasama, dan rasa ingin tahu kepada peserta didik.

Mengetahui                                                                                         Bekasi Juli 2012
Kepala SDN Pekayon Jaya III                                                         Guru Kelas





Hj. Entin Rusmiati, S.Pd                                                           Agus Herlana
NIP 19571225 197703 2 005                                             NIP . 197108172006041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar